johan
Blog Universitas Komputer Indonesia

Sukses Pilgub dengan 4 P

Sukses Pilgub dengan 4 P
      Untuk merayakan perhelatan pesta rakyat pilgub jabar 2012 masyarakat Jawa Barat diharapkan ikut serta dalam perhelatan tersebut untuk menentukan siapa pemimpin yang akan menduduki kursi nomor satu di Jawa Barat. Untuk menentukan siapa yang akan memimpin Jawa Barat bukan lah persoalan yang mudah seperti membalikan telapak tangan. Sebagai calon pemilih harus mengenal betul bibit, bebet, dan bobot calon pemimpinnya. Jangan sampai pemimpin yang diharapkan bukanlah realita, melainkan hanya sebuah wacana belakang. Mengenai hal itu dalam pilgub setiap kandidat memiliki strategi politik yang mereka persiapkan bersama tim sukses partai.
      Seorang kandidat akan dianggap kuat jika ia memiliki daya kompetitif yang lebih baik dibanding yang lain. Dalam konteks marketing daya kompetitif seorang kandidat dapat diuraikan dalam sebuah konsep yang sederhana yaitu konsep 4P, Product, Pricing, Promotion, dan Place. Product meliputi daya saing personal (moralitas, performance/penampilan, succes story, intelektual, kompetensi dan pengalaman), visi dan gagasan, statatement, lingkungan sosial-politik, serta instrument yang mampu mewakili kehadiran kandidat (marchandise, misalnya). Pricing adalah terkait dengan social cost dan political cost yang mampu dibayarkan oleh kandidat untuk membiayai tim kerja, saksi, memberikan bantuan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan,dsb. Promotion, berkaitan dengan strategi dan taktik komunikasi melalui PR's, advertising, door to door campaign, propaganda, dan kampanye terbuka. Sedangkan place berkaitan dengan jaringan penyampaian informasi dan jaringan penggalangan dukungan yang memungkinkan penyebaran informasi dapat diselenggarakan secara efektif dan efisien.

      4 P adalah sebuah konsep yang mudah diingat serta mudah diterapkan. Anda bisa menggunakanTabel untuk mengadu daya saing antara 2 atau lebih kandidat yang maju dalam Pilkada. Melalui konsep itu juga kandidat dapat memeriksa dimana kelemahan dan kekuatan kandidat jika dibandingkan dengan kompetitor lain. Untuk memenangkan pilkada, sudah barang tentu seorang kandidat tidak perlu unggul secara mutlak di keempat unsur tersebut. Pada beberapa pengalaman pilkada, tak jarang seorang kandidat yang produknya lemah, namun mampu tampil sebagai pemenang karena unggul di 3 P yang lain. Secara teoritik, kunci suksesnya adalah "P" yang dilakukan harus lebih baik dari yang lain.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 03 Desember 12 - 03:07 WIB
Dalam Kategori : PILGUB
Dibaca sebanyak : 1100 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback